Masuk

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Badai IDA Menghatam New York (AS) 50 Orang Meninggal

Senin, 06 September 2021 | September 06, 2021 WIB Last Updated 2021-09-06T11:13:36Z



NEW YORK, Newsdaring- Jumlah korban tewas akibat Badai Ida terus meningkat, sementara hampir 600.000 pelanggan di Louisiana masih kekurangan listrik dalam satu minggu terakhir ini akibat badai yang melanda New York.


Ida menghantam Louisiana pada 29 Agustus 2021sebagai badai Kategori 4 yang kuat dengan kecepatan angin 150 mil per jam (240 kph). Korban tewas terbaru di sana naik menjadi setidaknya 13 orang pada hari Minggu.


Badai melemah saat bergerak ke utara tetapi masih menimbulkan banjir bandang di Pantai Timur yang menewaskan sedikitnya 50 orang lagi, menurut angka terbaru pada hari Minggu.




Curah hujan Ida yang memecahkan rekor sebesar 3,1 inci (7,8 cm) per jam pada hari Rabu, tercatat di Central Park Kota New York, menyebabkan dinding air mengalir melalui bisnis, sistem transportasi umum, dan 1.200 rumah, menyebabkan kerusakan di New York Lebih dari $50 juta, Rp. 7.Milyar lebih, ujar Gubernur Kathy Hochul.


“Jumlah korban manusia sangat besar,” kata Hochul, menceritakan perjalanan ke East Elmhurst di wilayah Queens di New York City untuk menilai kehancuran.


“Seorang wanita menangis di pelukan saya, seorang wanita berusia 89 tahun. Dia tidak punya apa-apa lagi setelah tinggal di rumah itu selama lebih dari 40 tahun,” kata Hochul.




Gubernur sebelumnya mengamankan deklarasi bencana darurat dari Presiden Joe Biden dan menandatangani dokumen pada hari Minggu untuk meminta uang federal terkait untuk menutupi biaya perumahan sementara serta membangun kembali rumah, mungkin di lokasi yang kurang rawan banjir.


New York memiliki 17 kematian yang dikonfirmasi, empat di pinggiran Westchester County dan sisanya di New York City, di mana hampir semua korban terperangkap di apartemen ilegal bawah tanah  yang merupakan salah satu pilihan terakhir yang bagi penduduk yang berpenghasilan rendah di daerah tersebut, kata jubir gubernur.




Di New Jersey, ada 27 kematian akibat badai yang dikonfirmasi dan empat orang masih hilang, kata juru bicara Gubernur Phil Murphy.


Di antara yang hilang ada dua mahasiswa yang terakhir terlihat di Passaic, New Jersey, pada hari Rabu ketika banjir bersejarah Ida yang dilaporkan telah menyapu mereka di Sungai Passaic.


Dua belas kapal  sedang dikerahkan untuk melakukan pencarian di sungai Passaic pada hari Minggu, dan tim penyelamat mengantisipasi sonar resolusi tinggi khusus untuk membantu pencarian mereka pada hari Selasa dan Rabu, kata pemadam kebakaran Passaic.


Ibadah Misa untuk Nidhi Rana,  pada hari Minggu di Seton Hall University di South Orange, New Jersey,  seorang mahasiswa komuter tahun pertama dari Passaic yang terakhir terlihat bersama temannya Ayush Rana, seorang mahasiswa Montclair State University, saat banjir menghantam mobilnya. Dikutip dari Reuters