Masuk

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Peringatan Jendral AS atas perang Saudara di Afganistan

Minggu, 05 September 2021 | September 05, 2021 WIB Last Updated 2021-09-05T02:59:00Z

Newsdaring-Jenderal Amerika Serikat (AS) Mark Milley mengingatkan Taliban akan Perang Saudara pada sabtu, di lembah Panjshit di sebelah utara Kabul, Provinsi Afganistan, Peringatan itu disampaikan Jendra, mengatakan bila kelompok Islam tersebut gagal mengkonsolidasikan kekuasaan mereka.


Dikutip dari Reuters, Kedua belah pihak mengklaim memiliki keunggulan di Panjshir tetapi tidak ada yang bisa menghasilkan bukti konklusif untuk membuktikannya. Taliban, yang menyapu negara itu menjelang penarikan terakhir pasukan pimpinan AS minggu ini, tidak dapat mengendalikan lembah itu ketika mereka memerintah Afghanistan dari tahun 1996 hingga 2001.


Juru bicara Taliban Bilal Karimi mengatakan distrik Khinj dan Unabah telah direbut, memberi pasukan Taliban kendali atas empat dari tujuh distrik di provinsi itu.


“Mujahidin (pejuang Taliban) maju ke pusat (provinsi),” katanya di Twitter.


Tapi Front Perlawanan Nasional Afghanistan, kelompok pasukan yang setia kepada pemimpin lokal Ahmad Massoud, mengatakan mereka mengepung "ribuan teroris" di celah Khawak dan Taliban telah meninggalkan kendaraan dan peralatan di daerah Dashte Rewak.


Juru bicara Front Fahim Dashti menambahkan "bentrokan hebat" sedang terjadi.


Dalam sebuah posting Facebook, Massoud bersikeras bahwa Panjshir “terus berdiri dengan kuat.” Memuji “saudara perempuan kami yang terhormat”, dia mengatakan demonstrasi oleh wanita di kota barat Herat yang menyerukan hak-hak mereka menunjukkan orang Afghanistan tidak menyerah menuntut keadilan dan “mereka tidak takut akan ancaman.”


Jenderal AS Mark Milley, ketua Kepala Staf Gabungan, menggarisbawahi situasi yang lemah.


“Perkiraan militer saya, adalah bahwa kondisi tersebut kemungkinan akan berkembang menjadi perang saudara. Saya tidak tahu apakah Taliban akan mampu mengkonsolidasikan kekuasaan dan membangun pemerintahan,” kata Milley.


Berbicara kepada Fox News dari Pangkalan Udara Ramstein di Jerman, Milley mengatakan jika mereka tidak bisa,  “pada gilirannya akan mengarah pada pembentukan kembali Al Qaeda atau pertumbuhan ISIS atau segudang kelompok teroris lainnya” selama tiga tahun ke depan.


Darurat, sebuah organisasi bantuan medis Italia, mengatakan pasukan Taliban telah mendorong lebih jauh ke Lembah Panjshir pada Jumat malam, mencapai desa Anabah di mana kelompok itu memiliki fasilitas medis.


"Kami telah menerima sejumlah kecil orang yang terluka di Pusat Bedah Anabah," kata Darurat dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa banyak orang melarikan diri dalam beberapa hari terakhir.


Tidak mungkin segera mendapatkan konfirmasi independen lebih lanjut tentang peristiwa di Panjshir, yang dibatasi oleh pegunungan kecuali untuk pintu masuk yang sempit.


Tembakan perayaan bergema di Kabul pada hari Jumat ketika laporan menyebar tentang pengambilalihan Panjshir oleh Taliban. Kantor berita mengatakan setidaknya 17 orang tewas dan 41 terluka.