Masuk

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Upacara Pembukaan Latihan Water Rescue Yon C Resimen 1 Paspelopor

Selasa, 28 September 2021 | September 28, 2021 WIB Last Updated 2021-09-28T08:37:37Z




"Water rescue adalah kegiatan pertolongan atau penyelamatan serta cara pemindahan korban dari perairan seperti kolam, sungai, dan laut. Pengamatan yang dapat dilakukan yaitu pengamatan terhadap kondisi air, kenali tepi/pinggiran air, dan ketahui kedalaman air," ucap Kombes Pol Reeza Herasbudi.


GUNUNG PUTRI,BOGOR, NEWSDARING-Upacara pembukaan latihan water rescue Batalyon C Resimen 1 Pasukan Pelopor, bertempat di Lapangan Batalyon C, Senin (27/09/2021).


Kegiatan dipimpin Kompol Eko Budiman, diikuti 95 personel.


Disampaikan oleh Komandan Resimen 1 Pasukan Pelopor Kombes Pol Reeza Herasbudi, mengatakan, water rescue merupakan tindakan penyelamatan kepada korban yang berada di medan berair khususnya di sungai, rawa dan danau. Keahlian khusus yang dbutuhkan oleh rescuer di medan ini adalah kemampuan berenang dan menyelam.


Penyebab seseorang menjadi korban tenggelam, yaitu tidak bisa berenang, kelelahan karena berenang, kram/ kejang otot saat berenang, atau sebab lain.


Selanjutnya dilakukan pertolongan dengan suatu rumusan sederhana yang mudah diingat yaitu ABC. Hal ini diartikan, sebagai berikut:


A = Airway (jalan nafas)

B = Breathing (bernafas )

C = Circulation (sirkulasi, peredaran darah yakni jantung dan pembuluh darah).