Masuk

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Lomba Cerdas Cermat Tingkat SD-SMP se-Kota Kupang, Sangat Disayangkan Tidak Semua Sekolah...

Minggu, 09 Oktober 2022 | Oktober 09, 2022 WIB Last Updated 2022-10-09T13:31:49Z


NEWSDARING-KUPANG-Dalam rangka memperingati HUT Sumpah Pemuda pada tanggal 28/10/2022. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang akan melaksanakan lomba cerdas cermat tingkat SD dan SMP se Kota Kupang. Namun sangat disayangkan tidak semua sekolah berpartisipasi dalam kegiatan ini, sedangkan pihak Dinas telah memberikan perpanjangan pendaftaran agar semua sekolah dapat berpartisipasi.


Untuk mempersiapkan siswa yang akan diikutsertakan pada hari Kamis,19/10/2022. Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Oktovianus Naitboho,S.Pd.M.Si. Memberikan Technical Meeting kepada seluruh guru pendamping jenjang SD dan SMP di aula Kantor Dinas P&K Kota Kupang pada hari Jumat,07/10/22.


Dalam arahannya Kabid Dikdas mengatakan bahwa, hingga acara technical meeting sudah mulai,  baru ada sekolah yang mau mendaftar, padahal kita sudah memberikan perpanjangan waktu untuk daftar. Acara technical  dibagi menjadi 3 sesi. Sesi 1 untuk guru pendamping SMP sebanyak 21 sekolah dengan masing-masing sekolah menyediakan 2 tem untuk mengikuti perlombaan, sesi ke 2 dan ke 3 untuk SD sebanyak 98 Sekolah.


Dengan melihat jumlah tim yang sangat banyak, maka  dalam babak penyisihan, soal yang akan dilombakan dan telah disortir dalam kemasan yang mudah, sedang dan sukar.  Peserta lomba menggunakan aplikasi CBT yang dimana peserta dengan sendirinya gugur, untuk mendapatkan 20 besar yang akan lanjut ke babak semifinal perlombaan cerdas cermat, baik tingkat SD maupun SMP.



"Oleh karena jumlah tem nya banyak maka kita kemas dalam 2 tahap. Tahap penyesian seleksi dalam bentuk tertulis, dari 84 tem untuk tingkat SMP dan 196 tim untuk tingkat SD, sehingga kita mendapatkan 20 besar, jadi tesnya memakai aplikasi CBT.  Soal itu disortir dengan indeks kesukaran dan proporsi soal 30,40,30 (mudah, sedang dan sukar). setelah mendapatkan 20 besar akan masuk ke semifinal, dilanjutkan dengan cerdas cermat yang akan tampil lima-lima regu, berarti 4 putaran. Masing-masing putaran akan diambil juara satunya. dari 4 juara tersebut masuk ke final untuk mendapatkan juara 1-juara harapan 1." ucapnya.


Lanjut Okto, untuk materi yang  diperlombakan akan diambil dari Kelas, VII, VIII dan IX semester khusus semester ganjil. karena itu alangkah lebih bagusnya kalau peserta lomba dari 3 orang itu adalah 2 dari kelas VIII dan 1 dari Kelas IX dengan asumsi bahwa, 2 orang tersebut masih mengingat soal kelas VII. Sedangkan untuk masing-masing mata pelajaran akan disiapkan 10 soal (Matematika, IPA dan Bahasa Inggris) dengan durasi 60 menit, dengan asumsi satu soal maksimal 2 menit, dan masing-masing tim membawa 1 laptop. 



Pada kesempatan tersebut Kabid Dikdas Kota Kupang juga mengatakan, bila didalam 84 tim dari SMP dan 196 dari SD tersebut ada tim yang jumlah nilainya sama, maka tim tersebut akan masuk dalam babak semifinal. Sedangkan untuk babak semifinal dan final akan disediakan soal wajib dan soal rebutan. 


Untuk tingkat SD, soal yang akan diperlombakan dari kelas  IV, V dan VI, dari jumlah peserta sebanyak 196 tim, yang akan menyisakan 20 tim pada babak penyisihan. Jumlah soal untuk lomba sebanyak 30 Soal, 15 untuk Matematika dan 15 untuk IPA.


Okto berharap agar jumlah peserta yang akan ikut lomba dapat diambil dari kelas V dan VI, begitu pula pada jenjang SMP peserta dapat diikutsertakan dari kelas VIII dan IX, namun semuanya kembali pada masing-masing sekolah yang akan menilai kemampuan siswanya.