Masuk

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Dihadiri 1000 Mahasiswa Baru, Rektor UPG 1945 NTT Meminta Pemimpin Harus Melayani Bukan....

Minggu, 13 Agustus 2023 | Agustus 13, 2023 WIB Last Updated 2023-08-13T04:26:55Z


NEWSDARING-KUPANG-Pelantikan Pejabat dan Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK) untuk Mahasiswa baru UPG 1945 NTT tahun 2023/2024 pada hari Sabtu,12/08/2023 yang bertempat di halaman kampus, dihadiri kurang lebih 1000 mahasiswa. Dalam sambutanya Rektor UPG 1945 NTT. David R.E Selan, SE.,MM menekankan agar sebagai pemimpin harus melayani bukan memerintah hal ini dilakukan berdasarkan tuntutan organisasi.


" Pelantikan menjadi pejabat merupakan tuntutan keperluaan struktur organisasi. Dan juga tentunya dilihat dari ketrampilan, kemampuan berpikir dan juga royalitas pada tugas dan tanggungjawab", ungkapnya.


Pejabat yang dilantik berdasarkan kompetensi dan profesionalisme untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab. 


"Dan untuk itu maka sesuai dengan kebijakan BPH BP dan Rektor hari ini saudara-saudari dilantik ada tanggung jawab baru yang melekat pada diri bapak ibu. Karena itu dibutuhkan kompetensi dan profesionalisme di dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Mengapa karena Lembaga ini semakin maju dan berkembang, apabila semua orang yang ada di dalam itu bertindak bukan memerintah tetapi melayani. Saudara dipercayakan untuk melayani kata melayani ini adalah meninggalkan ego meninggalkan semua keberadaan latar belakang kemudian melaksanakan tugas sesuai dengan panggilan, tentunya ada tugas dan job description yang akan diberikan pada saudara" Tuturnya. 


Pada kesempatan tersebut, David menekankan pentingnya tanggungjawab sebagai seorang pemimpin yang memiliki kemampuan dan memberikan contoh


"Dalam teori hukum navigasi seorang pemimpin adalah seorang yang melibatkan lebih banyak orang, dan ternyata orang lain terlibat di dalamnya dan orang tersebut melihat jauh ke depan, sebelum orang lain melihat dan untuk itu, maka tidak mungkin saudara hanya diam tunggu perintah, tetapi ada upaya dari diri saudara untuk bekerja secara masif. Teori yang kedua adalah hukum Kehormatan Hukum kehormatan, bahwa saudara sekarang dipercayakan tetapi ketika orang bekerja yang lain akan ke belakang dan melihat saudara. Apakah dia sanggup dan mampu, ketika dia melihat kekuatan pengaruh saudara, orang akan melihat pada saudara dan melaksanakan apa yang saudara lakukan. Tentunya pada kesempatan ini untuk mewujudkan semua itu, sebagaimana saya sebutkan tadi, ada job description, ada tugas yang diberikan pada saudara sesuai dengan bidang tugas saudara, maka gunakan kalimat komunikasi.Komunikasi ke arah atas, ke bawah dan juga kesamping, Karena melalui komunikasilah kita akan menemukan sejumlah hal yang harus kita kerjakan dengan sungguh-sungguh tampa mempertentangkan atau membuat konflik baru di situ. Ini yang harus dapat dilaksanakan dengan baik, dan untuk itu maka seorang pemimpin butuh kemampuan berkomunikasi" Tegasnya.


Selanjutnya saya titip membina kebersamaan. Bagaimana cara membina kebersamaan. Kita adalah organisasi pendidikan dan juga punya tujuan dari lembaga ini adalah mencapai efisiensi dan efektivitas, mencapai kehormatan dan mencapai strata, stratifikasi dengan target tertentu untuk menjadi kampus unggul dan berprestasi di Nusa Tenggara Timur.


 Hal pokok yang harus dimiliki saudara adalah jangan mempersempit hubungan kerja. Bangunlah kebersamaan dengan poin pertama adalah komunikasi. Bangunlah komunikasi dengan baik, jagalah kebersamaan dengan baik dan juga melaksanakan pekerjaan itu dengan suasana yang kondusif. Dengan demikian maka saudara akan sukses dan berhasil, hari ini di tahun 2023 sampai dengan akhir dan masa jabatan saudara.  


Kepada adik-adik mahasiswa yang hari ini ada bersama-sama di tempat ini tentunya, saya ucapkan selamat datang di kampus UPG 1945 Nusa Tenggara Timur, kampus kebanggaan masyarakat Nusa Tenggara Timur.


 Mengapa karena di kampus ini mahasiswa dilatih, didik untuk menjadi mahasiswa yang militan, berprestasi, mahasiswa yang adaptif siap untuk bekerja, menjunjung tinggi nama baik almamater dan juga membangun Nusa Tenggara Timur dan menjadi kebanggaan kita semua.