Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

banner caleg

Tag Terpopuler

Inilah Kinerja BANK NTT Tahun 2023

Sabtu, 30 Desember 2023 | Desember 30, 2023 WIB Last Updated 2023-12-30T02:34:48Z


NEWSDARING-KUPANG, Bank NTT mengadakan media gathering akhir tahun sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap publik melalui laporan kinerja selama tahun 2023.  Kegiatan tersebut dilaksanakan di Sahid Timore Hotel, Kota Kupang pada Kamis,28/12/2023. 


Dewan Komisaris Bank NTT yang diwakili oleh Frans salah satu anggota Dewan Komisaris menyampaikan, semacam tupoksi mereka  sebagai pengawas dan penasehat di samping itu juga pemberi motivasi, agar bank NTT tetap eksis dan terus dipercaya dengan tak ketinggalan, karena selalu adaptif dan inovasi sesuai era kekinian. 


Disampaikannya, sesuai peraturan Dewan Komisaris diberi  tugas mengawasi dan menasehati. Sehingga kehadiran Dewan Komisaris pada momen akhir tahun ini guna menyampaikan perkembangan kinerja dan hal-hal yang telah dirumuskan dalam rencana bisnis bank NTT. 


Tambahnya pula bahwa Dewan komisaris bersama para direksi terus berupaya memperbaiki kinerja bank NTT. Karena  itu Dewan Komisaris juga diserahi tugas spesifik seperti Ketua komite Pemantau resiko.


"Kami mempunyai tugas memantau resiko operasional, resiko reputasi, resiko strategi dan bahkan keadaan tertentu resiko kepentingan. Pantauan kami menunjukkan bank NTT  dalam pencapaian soliditas yang cukup optimal, sehingga tidak ada friksi yang terjadi," ungkapnya.


Dewan komisaris juga dilibatkan sebagai komite renumerasi dan nominasi untuk menyiapkan calon pengurus dan juga dalam kondisi tertentu menyiapkan calon pejabat divisi, memberikan tanggapan dan nasehat  terhadap calon pejabat divisi, dan terus berproses dalam hal tersebut.


Menurut Wakil Dewan Komisaris bagaimana membangun  kesepakatan pencapaian program optimal secara efisiensi. Dikatakannya bahwa bank NTT beberapa tahun terakhir ada sinyalemen laba cukup turun drastis.


Penurunan bukan serta merta karena kinerja kurang, tapi  akibat situasi eksternal yang akhir-akhir ini turut membuat turunnya kinerja.


Dewan komisaris sebelumnya mencermati persoalnya dalam hal pemberian kredit belum terlalu pruden. Pada konteks ini berdasarkan aturan OJK bank NTT perlu ada persiapan cadangan penurunan deviden, cek depedensi, supaya bank NTT tak perlu mengalami masalah. 


Dewan komisaris juga mendorong dalam hal efisiensi agar Bank NTT perlu pertahankan tingkat kesehatan perbankannya, yang kini didapat pada kategori tingkat kesehatan kedua.


Dewan komisaris bertekad terus mendorong agar bank NTT harus terus berupaya meningkatkan status menjadi bank devisa. 


"Satu dua tahun lalu kita dorong  dimulai dengan kegiatan kick off bank devisa. Itu merupakan kekuatan bank NTT menjadi potensi pendapat dari bank devisa itu dapat menjawabi rencana perluasan program. Program itu juga bisa berupa beasiswa S1,S2 dan S3.


Dewan komisaris juga mendorong direksi - direksi terus melakukan akselerasi digital semaksimumnya. Karena digitalisasi Bank NTT ternyata sudah mencapai 40 persen. 


"Kami terus mendorong bila bertugas tidak boleh ada fraud. Jika ada fraud maka tidak ada toleransi untuk diberhentikan dan diproses hukum.


Tapi bagi yang berprestasi mengoptimalkan kredit atau akselerasi dibidang kredit akan diberikan penghargaan.


Kedepan kita berharap di tahun 2024 perlu adanya perbaikan kualitas human capacty supaya bank NTT semakin menjadi bank terbaik.


Alexander Harry Riwu Kaho Direktur Utama (Dirut) Bank NTT secara teknis operasional dan obyektif memaparkan

pencapaian realisasi program strategis kerja Bank NTT terhitung  Januari sampai  tanggal 27 Desember tahun 2023.


"Dalam mendukung kebutuhan masyarakat  bertransaksi terhadap layanan perbankan yang mudah, cepat dan aman, saat ini bank NTT memiliki banyak fasilitas layanan elektronik dan digitalisasi diseluruh wilayah NTT," ungkap Dirut.


Dirut lebih lanjut menguraikan fasilitas layanan digital tersebut, yaitu ada

33 unit mesin CRM,  215 unit mesin ATM], 17.995 unit merchant QRIS, 1.187 unit EDC Merchant, 8.223 agen Di@ Bis@, 1.793 agen laku pandai, 119.929 pengguna B-Pung Mobile, serta 8 kas titipan BI, 3 unit money changer. 


Alex juga menyampaikan, bahwa layanan jaringan kantor Bank NTT yang tersebar di seluruh wilayah NTT sebanyak 218 jaringan kantor, yaitu

1 Kantor Pusat, 23 Kantor Cabang, 46 KCP, 116 KF, 25 PP, 8 Kas Mobil.


"Dalam rangka meningkatkan profit dan produktivitas kantor bank NTT tahun ini telah dilakukan penataan layanan bisnis pada 116 kantor Fungsional bank NTT yaitu 39 KF Layanan Dana dan 77 KF Layanan Kredit," paparnya 


Beberapa Dukungan Bank NTT di Tahun 2023 oleh Dirut dijelaskan itu sebagai upaya dalam mempercepat pemulihan ekonomi. 


Kata beliau, "kredit UMKM sampai dengan 27 Desember 2023 sebanyak 15.423 Noa, Nominal Rp. 2.660T; didukung oleh program-program UMKM Bank NTT dan Pemanfaatan Kanal Pembayaran (QRIS, EDC dan Mobile Banking, Di@ Bis@ dan Lopo Di@ Bis@). Sebanyak 138 Desa Binaan Bank NTT diseluruh Kabupaten di NTT dengan jumlah 460 Noa, nominal plafond s.d 26 Desember 2023 Rp. 10.99 Milyar."


Terkait program TJPS, menurut  Alex telah terjalin pola kemitraan sebanyak 2.852 petani dengan luas lahan 2.214 ha, plafond kredit 22.13 Milyar. Dengan rincian realisasi pembiayaan kredit Bank NTT untuk program TJPS, yaitu :

TJPS Musim Tanam Oktober-Maret (OKMAR 2021-2022) Luas Lahan 109 ha sebanyak 149 Debitur, plafond kredit 1.06Milyar.


TJPS Musim Tanam April-September (ASEP 2022) Luas Lahan 445 ha sebanyak 590 Debitur, plafond kredit 4.60Milyar.


TJPS Musim Tanam Oktober-Desember 2022 Luas Lahan 1.520 ha sebanyak 1.943 Debitur, plafond kredit 15.12Milyar.


TJPS Musim Tanam Januari-April 2023 Luas Lahan 139 ha sebanyak 170 Debitur, plafond kredit 1.34Milyar.


Program TJPS tersebut adalah sinergisasi bank NTT dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Nusa Tenggara Timur.


Dikatakannya juga ada Program Vokasi dan Trainning industry sebagai  kesepakatan bersama antara pemprov NTT dan Global Katalyst E.V.

PKS tentang SP2D Online menggunakan aplikasi CMS, PKS Pinjaman Daerah, 9 Pajak Daeerah, Financial Management Information System (FMIS), Retribusi Daerah secara online, Payroll, penyediaan layanan untuk pengelolaan keuangan daerah, dan Penerapan KKPD.


Diuraikannya lagi, bank NTT juga memfasilitasi Rekening Dana Bantuan dari Pemerintah Pusat, Pemda dan Pihak Swasta.


Di bank NTT juga ada kegiatan penyerahan Imbreng dalam rangka peningkatan setoran modal. Dalam programnya ada pula Program Bank NTT Peduli Stunting, selain itu ada pemberian CSR Bank NTT Tahun 2023 dibidang pendidikan, olahraga, budaya, kesehatan, ekonomi, sosial dan lingkungan.


Alex Dirut Bank NTT selanjutnya menekankan Pentingnya berkolaborasi dengan Pihak Regulator, dengan sesama BPD dan pihak luar lainnya untuk penguatan jaringan Digital dan pengembangan potensi daerah antara lain BI Fast, BIK 2023 bersama OJK, Bank DKI, Bank Aceh Syariah, BPD Bali, BJB, Bank SulutGo, Bank Jambi, Bank Jatim., BPJS Ketenagakerjaan, PT TASPEN (Persero), PT Artajasa, PT. Sarana Pactindo, Indomaret, Alfamart, PT.Akses Cipta Solusi, PT Bali Internasional Teknologi dan mitra bisnis lainnya. 


"BANK NTT telah melakukan langkah penyelarasan pemahaman transformasi digital, yang ditindaklanjuti pada tanggal 29 September 2023 dengan pembuatan Cetak Biru (Blue-Print) dan roadmap Transformasi Digital BANK NTT.

Ada juga terdapat  Grand Transaksi Pembukaan Rekening Valuta Asing (Valas) baik itu Tabungan Flobamora Valuta Asing atau Tabungan Flobamora Valas, Deposito Valas maupun Giro Valas pada tanggal 22 Desember 2023," paparnya.


Disampaikan pula pada momentum HUT Bank NTT Tanggal 17 Juli 2023,  Bank NTT mempersembahkan Kegiatan Bakti Sosial yang berlangsung diseluruh kota/Kabupaten di NTT, Pemberian Paket Bantuan Stunting & Pemberian Kredit Mikro Merdeka.


Alex Riwu Kaho menguraikan secara detail soal prestasi dan penghargaan yang diterima Bank NTT.

Pertama, di Tahun 2021 antara lain :Paritrana Award : Juara 1 kategori Perusahan Berskala Besar, Sektor Keuangan dan Perdagangan & Jasa, diinisiasi oleh Kemenko PMK, Kemenakertrans, Presiden, dan BPJS Ketenagakerjaan.


Kedua, Penghargaan, sebagai Orang Tua Asuh Bayi/Balita Stunting di Kota Kupang Tahun 2023" dari Pemerintah Kota Kupang.


Ketiga, Piagam Penghargaan “Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023” dari Komisi Informasi Provinsi NTT kepada Bank NTT sebagai Badan Publik “Menuju Informatif” dari Komisi Informasi Provinsi NTT (KIP NTT).


Keempat, Piagam Penghargaan sebagai Mitra Terbaik Kerjasama Sponsorship terbanyak dari TVRI NTT, ada berupa “Certificate ISO27001:2013” oleh Mr. Mike Bruinsma-President Director PT SGS Indonesia di kantor PT SGS Indonesia.


Kelima, Penghargaan Infobank Top 100 CEO & The Next 200 Leader 2022 bertajuk The Inspiration from Successful Leaders in Crisis.


Keenam, Penghargaan Platinum Award The Best IT for Public Company 2023 dengan predikat Very Excellent (Platinum) untuk kategori Bank BPD, oleh Economic Review bekerjasama dengan Universitas Prasetya Mulya.


 Ketujuh, Penghargaan "Lembaga Keuangan dengan Transformasi Bisnis Berbasis Digital" oleh Pos Kupang Awards 2023.

 

Kedelapan, Penghargaan Digital Banking Award 2023 dari Bisnis Investortrust bekerjasama dengan intelectual Business Community (IBC) untuk kategori Dimensi kolaborasi.


"Inilah pencapaian dan penghargaan  bank NTT selama ini dan masih banyak lagi pencapaian-pencapaian kerja bersama di Tahun 2023 yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu, guna memenuhi harapan Pemilik Bank ini serta harapan berbagai pihak Pemangku Kepentingan, yakni para Pemegang Saham, OJK, BI, Mitra Bisnis Bank NTT serta masyarakat NTT dan masyarakat luas," ujar Dirut Bank NTT, Alex R. Kaho. *(Ken)