Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

banner caleg

Tag Terpopuler

PJ Kota Kupang : Guru Harus Konsisten Mendukung Terobosan Pemerintah untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan.

Rabu, 10 Januari 2024 | Januari 10, 2024 WIB Last Updated 2024-01-10T04:05:22Z


NEWSDARING-KUPANG-Penjabat Walikota Kupang. Fahrensy P. Funay, SE, M.Si, dalam acara pembukaan rapat koordinasi dan sinkronisasi program bidang DIKDAS, Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah jenjang SD/MI, SMP/MTs se-Kota Kupang mengucapkan terimakasih serta menekankan agar Kepala Sekolah, Guru agar Konsisten mendukung Pemerintah Kota Kupang dalam berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. 10/01/2024.


"Terima kasih dan apresiasi yang setinggi- tingginya saya sampaikan kepada kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kota kupang beserta jajaran, para pengawas, kepala sekolah dan paraGuru serta tenaga kependidikan lainnya yang selama ini secara konsisten mendukung pemerintah kota kupang, melakukan berbagai upaya dan terobosan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, demi perubahan yang berarti pada wajah pendidikan di kota kupang".


Sehubungan dengan itu, maka melalui kesempatan ini, saya perlu garis bawahi 5 hal pokok sebagai acuan bagi peserta rakor, dalam merumuskan berbagai rancangan pendidikan daerah ini ke depan, yaitu : 


1. pentingnya dilakukan seluruh rencana evaluasi terhadap pembangunan pendidikan sesuai RPJMD Kota Kupang ; 

2. Upaya peningkatan mutu dan kualitas para siswa harus menjadi prioritas, melalui pengadaan buku-buku referensi dan mata pelajaran, sarana perpustakaan, media pembelajaran dan alat-alat praktikum, serta menggencarkan aneka kegiatan lomba yang bertujuan untuk meningkatkan daya serap siswa, termasuk pendidikan luar sekolah, pembinaan organisasi pelajar serta kegiatan olahraga prestasi.

3. Dari aspek manajemen pelayanan, perlu untuk melakukan pembenahan terhadap standar pelayanan minimal pendidikan, agar dapat memenuhi harapan masyarakat dan tuntutan dunia pendidikan yang semakin kompleks dan terus berkembang dari waktu ke waktu.

4. Tingkatkan koordinasi, supervisi dan pengawasan yang intensif, terarah dan terpadu terhadap segala aktivitas belajar

5.mengajar, sehingga keseluruhan prosesnya dapat berjalan dengan lancar guna mendukung peningkatan mutu pendidikan Di Daerah Ini.


Pada kesempatan tersebut, Fahrensy menekankan pentingnya pentingnya koordinasi dan sinkronisasi sebagai syarat mutlak bila ingin mewujudkan kualitas pendidikan yang lebih baik. 


 "Koordinasi dan sinkronisasi menjadi syarat mutlak bila kita ingin mewujudkan sistem pendidikan yang baik di daerah ini. kami menyadari sektor pendidikan memiliki peran yang sangat strategis dalam menentukan masa depan daerah ini. karena itu kami telah berkomitmen untuk mendukung dan memperjuangkan upaya-upaya perbaikan, penyempurnaan pembangunan baik infrastruktur maupun sumber daya manusia pada sektor pendidikan," Tandasnya. 


Fahrensy juga menegaskan agar para kepala sekolah terus berkoordinasi dengan instansi teknis dalam mengambil sebuah kebijakan. 


"Pada kesempatan yang istimewa ini saya minta kepada seluruh pengelola pendidikan khususnya instansi teknis dan para kepala sekolah, agar selalu melakukan koordinasi dan pertimbangan yang matang terhadap setiap berpegang pada prinsip kebijakan, dengan transparansi dan akuntabilitas, agar dalam implementasinya tidak menimbulkan dampak negatif, yang akan memunculkan sikap ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah." Ucarnya. 


 Saya juga mengajak kita semua khususnya jajaran pengelola pendidikan untuk menggalang partisipasi aktif seluruh stakeholder pendidikan di daerah ini; karena sebagus apapun program yang kita rancang, tanpa dukungan dan keikutsertaan semua pihak, maka pasti tidak akan mencapai hasil yang optimal. untuk itu mari bersama-sama kita satukan tekad dan komitmen untuk memberi arah yang tepat dan akurat bagi pembangunan sektor pendidikan di daerah ini, agar mutu pendidikan dan prestasi αnακ-αnακ kita semakin kompetitif dan tidak tertinggal jauh dalam skala pendidikan secara nasional.


Tak lupa kepada seluruh peserta, saya minta keseriusannya agar dalam mengikuti rakor ini, saudara-saudara dapat menghasilkan berbagai rekomendasi yang lahir dari kesungguhan pemikiran yang sehat, serta analisis yang cerdas, dan memiliki bobot secara ilmiah. (KL)