Masuk

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Latihan Vertical Rescue Personel Yon B Resimen 1 Paspelopor

Kamis, 30 September 2021 | September 30, 2021 WIB Last Updated 2021-09-30T14:05:46Z

GUNUNG PUTRI,BOGOR,NEWSDARING- Personel Batalyon B Resimen 1 Pasukan Pelopor melaksanakan latihan Vertical Rescue, bertempat di Kompi Markas Batalyon B, Rabu (29/09/2021).


Kegiatan dipimpin Iptu I Putu Krisna Varananda, diikuti 15 personel.


Personel mempersiapkan alat alat dan kelengkapan, kemudian memasang anchor untuk melakukan latihan Vertical Rescue, Selanjutnya, personel melaksanakan latihan Vertical Rescue menurunkan korban dan menaikan korban dengan Sistem A dan Sistem M.


Vertical Rescue sendiri yakni salah satu bagian dari operasi SAR yang dilibatkan pada saat evakuasi (pemindahan korban) pada medan khusus vertical/ terjal baik basah maupun kering. Jadi dapat disimpulkan bahwa latihan Vertical Rescue adalah teknik evakuasi (memindahkan ke lokasi yang lebih aman) obyek (baik barang maupun manusi/ korban) dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi atau sebaliknya, pada medan yang curam/ vertical baik kering maupun basah tidak diketahui secara pasti, bagaimana sejarah lahirnya Vertical Rescue, mengingat hal ini timbul dan terbentuk dari komunitas pelaku aktivitas panjat tebing dan para penelusur gua.


"Latihan Vertical Rescue salah satu bagian dari operasi SAR, dikalangan militer untuk kebutuhan-kebutuhan taktis. Pada intinya, materi yang dipelajari dalam latihan Vertical Rescue meliputi dua hal utama yaitu Teknik Penjangkauan Obyek/ korban dan Teknik Evakuasi Obyek/ korban," ucap Komandan Resimen 1 Pasukan Pelopor Kombes Pol Reeza Herasbudi, kepada awak media.