Masuk

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Masih Ingat Kah Anda Dengan Program Kelor? Kini Telah Menghasilkan Rp.540 Juta/Bulan

Sabtu, 20 Agustus 2022 | Agustus 20, 2022 WIB Last Updated 2022-08-19T17:32:38Z

NEWSDARING-KUPANG, Program Kelorisasi yang digaungkan oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat kini sudah berbuah manis. Berdasarkan data yang dihimpun dari Dapur Kelor, Setiap bulannya   memiliki dampak ekonomi yang luar biasa untuk rumah tangga dan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Nusa Tenggara Timur (NTT).


 Direktur PT. Moringa Wira Nusa sekaligus Founder Dapur Kelor, Ir. H Dedi Krisnadi menjelaskan setiap bulannya ada 36 ton kelor basah yang terserap dari para petani maupun rumah tangga yang memiliki pohon kelor baik yang ditanam di pekarangan maupun yang yang mempunyai kebun budidaya. Dari 36 ton Kelor basah yang sudah per kg dibeli dengan harga Rp 5,000. 


" Daun basah yang terserap sebanyak 36 ton. Kalau dikalikan dengan Rp 5.000/Kg maka uang yang yang beredar di masyarakat  perbulannya adalah 180 juta. Ini belum di konversi ke serbuk kering dan produk turunannya. " kata Dedi kepada wartawan, Jumat, 19/08/2022.


Ia menjelaskan Dapur Kelor tidak memiliki kebun kelor. Kelor yang dibeli oleh dapur kelor selama ini diambil dari 36 sentra pengolahan ditambah 14  petani mitra yang merupakan binaan Dekranasda NTT. 36 sentra Pengelolaan itu merupakan binaan dari Korem 161 Wirasakti Kupang yang tersebar di seluruh  Kodim dan Koramil seluruh NTT.


Dudi  menjelaskan, sentra produksi yang ada di Koramil, bahannya diambil dari masyarakat melalui Babinsa. Babinsa menghimpun Kelor dari warga dengan harga Rp5000 per kilogram. Kelor yang dikumpulkan itu kemudian diolah di sentra produksi Kelor yang ada di Koramil-Koramil sebelum dijual ke Dapur Kelor.


Dapur kelor setelah membeli serbuk kering dari sentra pengelolah, serbuk terserbut akan di clearing ulang menggunakan mesin khusus untuk menghilangkn berbagai bakteri bakteri. Pasca itu kata Dudi, pihaknya akan mengembalikan serbuk tersebut ke sentra pengolahan untuk dibuatkan produk yang siap dilepas ke pasaran.


" Konsepnya untuk pemberdayaan masyarakat untuk pembuatan celup kelor dengan kapasitas 1.440.000 kantong. Setiap kantong akan diberi upah Rp 250 per kantong. Mereka hanya isi serbuk kedalam kantong celup tersebut. Jika diakumulasi dari 1.440.000 kantong dikalikan dengan Rp 250 makan mengasil perputaran uang sebesar Rp 360 juta perbulan," katanya.


Dengan gambaran itu kata dia , program Kelorisasi yang digaungkan oleh Gubernur NTT telah membawa dampak ekonomi bagi petani dan para pelaku UMKM. Ia merincikan dari penjualan 36 ton kelor basah di kalikan Rp 5.000 menghasilkan uang sebanyak Rp. 180 juta perbulan ditambah upah pengisian kelor celup 1.440.000 kantong dengan upah Rp 250 menghasilkan uang sebanyak Rp 360 juta. Jika diakumulasi, maka uang yang beredar di masyarakat NTT sebanyak Rp 540 juta per bulan.


Dudi  menyebutkan, pada bulan Juli 2022, kelor yang berhasil diproduksi sudah mencapai 3,8 ton kering. Jumlah ini lebih tinggi dari beberapa bulan sebelumnya. 


Dari jumlah ini, tambah Dudi, Dapur Kelor sudah bisa memenuhi kebutuhan akan Kelor bagi 16.000 jiwa. Atas alasan itu, Dudi mengungkapkan bahwa Dapur Kelor belum ada niat untuk  mengekspor hasil produksi Kelor yang ada. 


"Di saat kita masih butuh, lalu kita mengekspor hasil produksi yang ada, itu sama artinya kita mengkhianati warga NTT," imbuhnya.


Dudi juga mengatakan bahwa pada bulan September nanti target produksi Dapur Kelor diharapkan bisa meningkat.


"Kita menargetkan, mulai bulan September nanti produksi Kelor kita bisa mencapai minimum 7,2 ton per bulan. Target ini ditetapkan dengan dasar bahwa peralatan produksinya sudah didistribusikan ke sentra-sentra produksi yang ada," ucapnya.


Menurut Dudi, sebetulnya Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat sudah memiliki gagasan yang sangat bagus tentang pemanfaatan Kelor ini, tinggal saja bagaimana menerjemahkan gagasan Gubernur ini.


Dudi merasa bersyukur karena Bunda Julie Sutrisno Laiskodat melalui Dekranasda NTT dan Tim Penggerak PKK mampu menerjemahkan gagasan Gubernur Laiskodat dan berkolaborasi dengan berbagi pihak, seperti Korem Wirasakti  dan pegiat Kelor yang lain sehingga sejauh ini produksi Kelor sudah cukup menjanjikan.


Bagi Dudi, Julie Sutrisno Laiskodat telah melakukan berbagai terobosan positif guna membangun kolaborasi dengan berbagai pihak untuk membumikan program program yang digagas oleh Viktor Bungtilu Laiskodat. Melalui Dekranasda NTT dan TP PKK telah melakukan pendampingan dan pemberdayaan pengelolaan kelor. 


" Ada 14 Kelompok mitra binaan petani yang merupakan binaan Dekranasda NTT dan TP PKK. Ia tentu kolaborasi yang luar biasa sekali mengeksekusi program Gubernur NTT sehingga masyarakat yang terlibat mendapat ekonomis," Ujarnya.


Ia berharap, masyarakat lebih termotivasi untuk memanfaatkan lahan kosong yang dimiliki dengan menanam Kelor, sesuai dengan arahan Gubernur Laiskodat di awal kepemimpinannya.


"Saat ini, masyarakat yang ikut arahan Gubernur di awal-awal kepemimpinannya dulu, merekalah yang menikmati hasilnya kini," pungkas Didi.


Dudi berharap, ke depan produksi Kelor bisa lebih meningkat lagi karena selain punya nilai ekonomis, Kelor juga sangat efektif untuk memberantas stunting.


Ia menjelaskan Kelor memiliki kandungan nutrisi yang sedemikian luar biasanya, menjadikannya kandidat utama untuk digunakan dalam mengatasi masalah malnutrisi atau kekurangan gizi pada balita dan ibu hamil atau menyusui yang dialami bangsa kita. Termasuk dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting yangangka prevalensinya sangat tinggi di Indonesia.


Bahkan disebutkan, satu dari tiga anak di Indonesia termasuk stunting. Selain itu, kelor pun menjadi asupan gizi tinggi yang murah dan mudah didapat oleh masyarakat miskin di desa-desa tertinggal. Serbuk daun Kelor memiliki dampak positif besar pada mereka yang lebih rentan terhadap kekurangan gizi, ibu hamil, ibu menyusui, anak-anak pada usia penyapihan dan 1.000 hari pertama kehidupan anak.