Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

banner caleg

Tag Terpopuler

Gubernur VBL Tinjau Lahan Sorgum di Sumba Timur

Sabtu, 11 Maret 2023 | Maret 11, 2023 WIB Last Updated 2023-03-11T00:37:06Z


NEWSDARING- SUBTIM-Dalam Lanjutan Kunjungan kerja di Sumba Timur pada Jumat 10 Maret 2023, Gubernur juga meninjau lahan sorgum di Desa Kadumbul, Kecamatan Pandawai Sumba Timur, untuk melaksanakan pendataan dan penandaan ternak melalui pemasangan ear tag pada ternak dan dilanjutkan dengan Peninjauan lahan dan penanaman sorgum pada lahan seluas 20 Ha. 


"Sumba ini pulau yang kaya. sektor pertanian dan peternakan mampu memutus mata rantai kemiskinan jika dikembangkan dengan baik, karena bisnis yang tidak pernah mati adalah pangan. Apalagi didukung proses penanaman yang telah mengalami modernisasi, tidak lagi manual sehingga lebih efektif, sehingga saya harapkan petani Desa Kandumnul bisa mengembangkan berbagai jenis tanaman bukan hanya sorgum dan jagung tetapi juga kelor miracle tree yang tidak akan terserang hama belalang, mudah dikembangkan, bernilai ekonomi tinggi dan mampu bertahan hingga 60 tahun lamanya. Karena itu, Saya himbau agar sektor pertanian harus terus didorong dan dikerjakan." 


"Saya harapkan kedepan biaya penanaman bisa ditekan dengan pengendalian ternak bukan pemagaran lahan pertanian. Manfaatkan limbah pertanian jagung untuk pakan ternak sedangkan batang sorgum bisa dijual karena kaya akan etanol. Saya juga menghimbau agar masyarakat melakukan pengendalian hama belalang dengan cara menghentikan pemburuan burung dan menjadikan belalang sebagai pakan ternak." jelas Viktor 


Gubernur VBL Tinjau Pembangunan Kantor GKS


Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) melakukan Peninjauan Gedung kantor Sinode Gereja Kristen Sumba (GKS), pada Jumat, 10 Maret 2022. 


Pada kunjungan ini Gubernur VBL dan Rombongan meninjau pembangunan lantai dua gedung kantor sinode GKS dengan kapasitas ruangan mencapai 300 Orang serta melihat PLTS yang merupakan bantuan dari kementerian ESDM. Kunjungan ini diterima oleh Ketua Umum Sinode GKS Pdt. Marlin Lomi dan jajaran. 


"Saya menyampaikan terima kasih Kepada Gubernur VBL atas dukungan mendukung pembangunan gedung kantor Sinode GKS ini." ungkap Pdt. Marlin 


Setelah meninjau Gedung kantor Sinode GKS, acara diakhiri dengan doa dan foto bersama. 


Selain itu juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara Pemerintah Provinsi NTT dan PT Asiabeef Biofarm Indonesia dalam hal oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan juga PT Asiabeef Biofarm Indonesia James Jerry Huang. Isi MoU tersebut terkait Kerja Sama Pemanfaatan Tanah dan Bangunan Gedung Instalasi Petetnakan Milik Pemerintah Provinsi NTT Di Desa Kabaru Kecamatan Rindi Kabupaten Sumba Timur. 


Penandatangana MoU tersebut dilaksanakan di UPT Pembibitan Ternak dan Produksi Makanana Ternak Instalasi Kabaru Dinas Peternakan Provinsi NTT yang terletak di Desa Kabaru Kecamatan Rindi. 


Gubernur bersama rombongan juga sempat melakukan tinjauan lokasi perencanaan pembangunan shrimp estate oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dengan luas lahan 1.864.60 Ha di Desa Palakahembi Kecamatan Pandawai Kabupaten Sumba Timur. 


Gubernur VBL dan Rombongan juga menyempatkan untuk kemudian  berziarah ke makam Alm. Domu Warandoy, SH, M.Si di Desa Heikatupu Kecamatan Rindi dan panen simbolis padi Nusantara 1 juta  hektar di Desa Tanaraing Kecamatan Rindi Kabupaten Sumba Timur.