Masuk

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

2770 Siswa SD/SMP Kota Kupang Catat Rekor Muri

Sabtu, 29 April 2023 | April 29, 2023 WIB Last Updated 2023-04-29T07:17:10Z


NEWSDARING- KUPANG-Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berkolaborasi dengan Bank Indonesia Perwakilan NTT menyelenggarakan pagelaran budaya Tarian Massal Lufut asli Timor dari suku Helong dan Pentas Tarian Daerah Bercorak Etnis Flobamora bertajuk Pesta Rakyat NTT Gema Rupiah yang merupakan singkatan dari Festival Digital, Gerakan Menjaga Rupiah, bertempat di halaman rumah jabatan Gubernur NTT, Jumat (28/4). 


Kegiatan diikuti oleh 2770 peserta yang merupakan siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kota Kupang tersebut dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-27 Kota Kupang sebagai daerah otonom serta memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2023 sekaligus HUT ke-70 Bank Indonesia pada 1 Juli mendatang. Adapun formasi yang dibentuk saat pelaksanaan tarian adalah CBP yang merupakan akronim dari Cinta, Bangga, Paham terhadap rupiah. Pagelaran ini juga mencatatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan nomor rekor 10920. 


Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, SH., sesaat sebelum melepas balon udara tanda meresmikan kegiatan tersebut menyampaikan bahwa semua orang harus memiliki energi yang positif dalam diri, harus berpikir mampu melakukan segala hal dengan kemauan yang keras. Terbukti pagelaran kali ini dapat dilaksanakan atas usaha dan kerja keras semua pihak khususnya kolaborasi antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama Bank Indonesia Perwakilan NTT. 


Ucapan terima kasih disampaikan Penjabat Wali Kota kepada siswa/i se-Kota Kupang yang sudah terlibat sebagai peserta pagelaran ini dengan harapan semoga dengan dukungan anak-anak penerus bangsa, pagelaran budaya seperti ini makin dikenal luas dan semakin dicintai oleh generasi muda. Selain itu kegiatan ini sangat berdampak terhadap peningkatan dan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai aktivitas ekonomi kreatif yang tentunya akan menambah pendapatan masyarakat. 


Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi NTT, Donny H. Heatubun dalam sambutannya mengatakan selain pemecahan rekor MURI tarian Lufut, di bawah koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Kupang, kegiatan ini juga menjadikan pelajar sebagai target edukasi untuk memperkenalkan Cinta Bangga Paham Rupiah lebih dini sehingga di masa depannya dapat menjadi pemimpin-pemimpin bangsa yang paham perekonomian. 


Selain itu, digitalisasi pelan-pelan masuk ke seluruh aspek kehidupan. Penting bagi seluruh kalangan masyarakat untuk memahami sistem pembayaran non-tunai. Sistem pembayaran non-tunai memiliki berbagai keuntungan, yang harapannya telah dirasakan dan dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. 


"Tentu saja seluruh rangkaian kegiatan ini merupakan hasil sinergi antara Bank Indonesia, Pemerintah Daerah tingkat Provinsi NTT dan Pemerintah Kota Kupang, OJK seluruh perbankan, dan instansi lainnya. Maka dari itu, saya sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang terlibat. Semoga hari ini menjadi contoh apa yang bisa kita lakukan dengan mengerahkan tenaga dan pikiran kita pada satu tujuan yang baik," tutup Donny 


Acara diakhiri dengan penyerahan piagam rekor MURI oleh perwakilan MURI, Ignatius Awan Raharjo yang diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Drs. Dumuliahi Djami., M.Si., turut hadir Kepala OJK NTT, Japarmen Manalu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi NTT, Dra. Bernadeta Merani Usboko, M.,Si., Para Staf Ahli Wali Kota, Para Asisten Sekda Kota Kupang, Pimpinan Perangkat Daerah serta para Camat dan Lurah se-Kota Kupang. *PKP_chr