Masuk

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Program Ausbildung dan Syarat Berangkat ke Jerman

Sabtu, 06 Mei 2023 | Mei 06, 2023 WIB Last Updated 2023-05-06T12:07:30Z
Semi Ndolu,S.Pd/News-Daring.com

NEWSDARING-KUPANG-Ausbildung adalah salah satu program dari Negara Jerman yang ditawarkan kepada pemuda pemudi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang ingin mengembangkan profesinya melalui belajar dan bekerja selama 3-4 tahun, dengan upah perbulan 16-30 Juta.


Semi Ndolu saat dijumpai media ini di Cafe Dekranasda 06/05/2023, menyampaikan bahwa, dirinya dipercayakan oleh Global Katalyst e.V untuk membantu mengurus Ausbildung NTT dalam mengakselerasi informasi kepada masyarakat yang mengaksesnya "sekiranya masyarakat cepat mengaksesnya" 


Program Ausbildung telah didukung penuh oleh Gubernur Provinsi NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dengan melakukan MoU dengan Global Katalyst e.V sebagai bukti bahwa, pemerintah NTT memberikan support kepada pendidikan dan peningkatan ekonomi melalui  program  Ausbildung. Untuk diketahui, Global Katalyst e.V  memberikan support pembiayaan melalui program Ausbildung sebesar 80%, sedangkan 20% adalah pembiayaan mandiri dari peserta 



Pada kesempatan tersebut, Semi membeberkan bahwa, Global Katalyst e.V merupakan salah satu organisasi nirlaba yang tidak memiliki tendensi politik apapun dan tidak mencari keuntungan dari program Ausbildung.


Persyaratan mengikuti program Ausbildung antara lain, biaya pendaftaran mandiri sebesar Rp.9.700.000 atau dapat dicicil dengan uang muka Rp.3.700.000, berusia 18 -35 tahun, berijasah SMA/SMK atau ijazah paket C. Peserta mengikuti training bahasa Jerman yang difasilitasi  Prime Education sebagai mitra eklusif dari Global Katalyst e.V selama 6 bulan/1.000 jam di Kota Kupang. 


Lanjut Semi, peserta yang memiliki kemampuan bahasa Jerman Level B1. Global Katalyst e.V akan membantu mengurus penyusunan dokumen administrasi lainnya seperti Motivation Letter, CV Letter sesuai dengan jurusan yang diinginkan. Peserta akan melanjutkan dengan pengurus Visa bila surat kontraknya telah dikeluarkan oleh negara Jerman.


Terkait dengan biaya pengurusan visa dan pemberangkatan dari Jakarta ke Jerman, Global Katalyst e.V akan membiayai semuanya. Untuk penandatanganan Visa dan interview di Jakarta peserta akan membiayai secara mandiri atau dapat dibiayai oleh Bank'NTT dengan skema pinjaman bunga kecil tanpa anggunan.


Untuk mendapatkan informasi lebih detail,. peserta dapat mendatangi SMKN 4 Kupang di Jl Bajawa, samping SMAN 5 Kupang.