Masuk

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Mencubit Sosok Putra Rote BOBBY PAKH Menuju SENAYAN

Selasa, 10 Oktober 2023 | Oktober 10, 2023 WIB Last Updated 2023-10-11T00:27:08Z


NEWSDARING-Sosok Yerak A.Bobilex Pakh,SH.,M.Kn bukan kaleng-kaleng di dunia Agraria. Putera asli Rote Ndao yang lahir di Sulamu wilayah Kabupaten Kupang, tergerak hatinya untuk membantu warga masyarakat terutama yang memiliki hak atas tanah Ulayat.


Ada segudang masalah yang Bobby tuntaskan ketika pihak kehutanan berupaya dengan berbagai dalih untuk menguasai tanah Ulayat di wilayah khususnya Kabupaten Kupang dan Provinsi NTT pada umumnya.


Contoh soal, warga kecamatan Kupang Timur  di Tuatuka  yang tanahnya masuk dalam kawasan hutan. Lahan seluas satu hektare tersebut kini dibebastuntaskan oleh Anak Rote yang satu ini.


Dari contoh kasus tersebut memberi pelajaran kepada khalayak bahwa setiap bumi yang di pijak ada penguasanya ya itu, leluhur atau nenek moyang sebelum Negeri ini lahir jadi sebuah Negara Kedaulatan bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dimana pasal 33 UUD 1945 menyebut bahwa bumi air dan kekayaan alam yang terkandung dikuasai oleh negara, di manfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.


Dari perspektif ini menggambarkan bahwa, negara menjamin kedaulatan rakyat dalam kepemilikan hak atas tanah Ulayat. Oleh karena itu berkaca pada kasus di Tuatuka, Bobby dengan profesi selaku Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) telah menerbitkan sertifikat hak milik kepada oknum tersebut.


Dari fakta tersebut, kemudian orang berbondong-bondong datang meminta Bobby untuk membebaskan lahan-lahan yang menjadi warisan.


Warga di Dusun 3 Desa Oelnasi, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang-NTT kemudian warga Kelurahan Naioni, Kecamatan Alak, Kota Kupang mereka mengalami masalah yang serupa yaitu pihak Kehutanan menerobos lahan garapan yang menjadi sumber hidup itu, dan menjadikannya hutan kawasan.


Terhadap dua permasalahan tersebut Bobby bukannya menunggu di Kantor PPAT namu dirinya turun "menjemput bola" alias datang menyapa warga di kediaman mereka. Bobby berharap kepada warga yang bermasalah agar perjuangan untuk mendapatkan hak mereka jangan putus di tengah jalan.


"Mari kita bersama-sama berjuang agar Bapak Mama/basodara semua memperoleh kepastian hak" ajak Bobby saat berdialog dengan warga Naioni, Senin 09/10/2023.


Perjuangan inilah tambah Bobby kita akan bawa ke Pemerintah Pusat. Jika Bapa Mama/basodara mendukung dan memilih wakil rakyat yang memang benar-benar berpihak pada rakyat.


"Saya saat ini sebagai calon Anggota DPR-RI dari Partai Demokrat dan menjadikan masalah perambahan lahan masyarakat ini menjadi fokus perjuangan saya di Senayan".


Terpantau tim media suasana dialogis antara Bobby Pakh dan para wakil masyarakat adat wilayah Naioni membuahkan kesepakatan untuk melakukan pertemuan formal di kantor PPAT milik Bobby.


Berikut, sekilas pandang riwayat karir Bobby Pakh di dunia keagrariaan.


Sejarah departemen:
⚫ Notaris: dari Tahun 2010- Sekarang
• Kantor Pembuat Akta Tanah (PPAT) (Tahun 2011-Sekarang)

Riwayat Organisai:
1. Wakil Ketua Keluarga Mahasiswa Notariat Universitas Gajah Mada (Tahun 2007-2008)
2. Ketua Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia Kabupaten Kupang, (Periode 2013-2016)
3. Wakil Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia Provinsi NTT, (Periode 2013-2019)
4. Ketua Pengurus Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah Kabupaten Kupang, (Periode 2015-2021)
5. Ketua Asosiasi UKM Sanitasi Kabupaten Kupang (Periode 2015-2019)
6. Anggota Majelis Kehormatan Notaris Wilayah NTT, (Periode 2016-sekarang)
7. Anggota Majelis Pembina dan Pengawas Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Wilayah NTT, (Periode 2019-2022)
8. Ketua Majelis Kehormatan Wilayah IPPAT NTT, (Periode 2021-2024)