Masuk

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Ngeri...Google Kunci Akun Pemerintah Afghanistan

Sabtu, 04 September 2021 | September 04, 2021 WIB Last Updated 2021-09-04T11:02:00Z


WASHINGTON, Newsdaring-Untuk Sementara google mengunci sejumlah akun email pemerintah  Afghanistan yang tidak ditentukan, menurut salah satu orang yang mengetahui masalah tersebut, karena kekhawatiran diketahuinya  jejak  digital yang ditinggalkan oleh mantan pejabat dan mitra internasional mereka.


Sejak pengambilalihan Afghanistan oleh Taliban dari pemerintah yang didukung Amerika Serikat (AS) dan  berdasarkan laporan yang telah disorot terkait dengan database gaji biometrik dan Afghanistan dapat dieksploitasi oleh penguasa baru untuk memburu musuh-musuh mereka.


Dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat, Google Alphabet Inc (GOOGL.O) berhenti mengkonfirmasi bahwa akun pemerintah Afghanistan dikunci, dan perusahaan sedang memantau situasi di Afghanistan dan akan "mengambil tindakan sementara untuk mengamankan akun yang relevan."


Seorang pegawai dari mantan pemerintah mengatakan kepada Reuters bahwa Taliban sedang berusaha untuk mendapatkan email-email mantan pejabat.


Akhir bulan lalu, karyawan tersebut mengatakan bahwa Taliban telah memintanya untuk menyimpan data yang disimpan di server kementerian tempat dia bekerja.


"Jika saya melakukannya, maka mereka akan mendapatkan akses ke data dan komunikasi resmi dari kepemimpinan kementerian sebelumnya," Ujar karyawan itu.


Ia mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui dan mulai sejak itu ia bersembunyi. Reuters tidak mengidentifikasi pria itu atau mantan kementeriannya karena mengkhawatirkan keselamatannya.


Catatan pertukaran surat yang tersedia untuk umum menunjukkan bahwa sekitar dua lusin badan pemerintah Afghanistan menggunakan server Google untuk menangani email resmi, termasuk kementerian keuangan, industri, pendidikan tinggi, dan pertambangan. Kantor protokol kepresidenan Afghanistan juga menggunakan Google, menurut catatan, seperti yang dilakukan beberapa badan pemerintah daerah.


Pangkalan data dan email pemerintah yang menguasai dapat memberikan informasi tentang pegawai pemerintahan sebelumnya, mantan menteri, koordinator pemerintah, sekutu dan mitra asing.


"Ini akan memberikan banyak informasi yang nyata," kata Chad Anderson, seorang peneliti keamanan dengan perusahaan intelijen internet DomainTools yang membantu Reuters mengidentifikasi kementerian mana yang menjalankan platform email mana. "Bahkan hanya memiliki daftar karyawan di Google Sheet adalah masalah besar," katanya, mengutip laporan pembalasan terhadap pegawai pemerintah.


Catatan penukar surat menunjukkan bahwa layanan email Microsoft Corp (MSFT. O) juga digunakan oleh beberapa lembaga pemerintah Afghanistan, termasuk kementerian luar negeri dan kepresidenan. Tetapi tidak jelas langkah apa, jika ada, yang diambil perusahaan perangkat lunak untuk mencegah data jatuh ke tangan Taliban.


Anderson mengatakan upaya Taliban untuk mengendalikan infrastruktur digital buatan AS patut diperhatikan. Intelijen yang diambil dari infrastruktur itu, katanya, "mungkin jauh lebih berharga bagi pemerintah pemula daripada helikopter tua.

Editor:newsdaring