Masuk

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

VBL Mendorong Mahasiswa Jangan Tertarik Lulus Menjadi Sarjana

Kamis, 02 September 2021 | September 02, 2021 WIB Last Updated 2021-09-02T15:54:38Z

 


Membangun manusia masa sekarang tidak sekedar hanya membangun kognisinya saja, tetapi bagaimana membangun skill maupun softskill. Dan pentingnya merdeka belajar. 


NTT, Newsdaring-Dalam sambuta kelulusan mahasiswa Universitas Flores, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat menyampaikan ucapan selamat kepada mahasiswa yang sudah lulus untuk  masuk  menjadi manusia baru. Untuk memulai karier dan menjadi pemuda penerus NTT dibutuhkan pengetahuan dan pembangunan karakter serta keberanian agar dapat melayani dikemudian hari. 


Menurut VBL manusia tidak mungkin hanya membangun masalah kognisinya saja, kalau hanya cerdas tapi penakut tidak baik, ada orang berani tapi bodoh juga tidak baik, ada orang berani pintar tapi tidak mempunyai kepedulian terhadap sesama juga tidak laku, karena itu tuntutan dunia atau jaman sekarang ini , mengharuskan manusia  mempunyai hak  skill  maupun softskill  saya melihat apa yang disampaikan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan riset dan teknologi, ada terobosan baru yang diberikan untuk bangsa ini, generasi muda gunakan kesempatan ini  untuk merdeka  belajar dan kampus merdeka itu sebaik-baiknya.


 VBL  juga mengatakan bahwa, di NTT banyak sekali sarjana yang tidak laku, sarjana peternakan tapi peternakan tidak ada di NTT, sarjana pertanian tapi pertanian tidak bergerak itu menunjukan bahwa kualitas ilmu pengetahuan kita dengan kemampuan kita untuk mengaplikasikannya dilapangan  itu tidak pernah ssejalan itulah penyebabnya sampai dengan saat ini NTT masih ketinggalan hampir disemua aspek,  kita cenderung  berteorinya, Epistimologinya kita tahu tapi otologi dan aksiologinya kita tidak terapkan. Ini tantangan kita kedepan, Untuk itu VBL mendorong para mahasiswa baru untuk jangan tertarik lulus menjadi sarjana  tapi buktikan dirimu untuk menjadi manusia yang mempunyai pengetahuan yang baik dan karakter yang kuat serta berani untuk mengambil langkah langka disaat kondisi terburuk.


Menurut Gubernur VBL Masuk menjadi mahasiswa  baru itu adalah dengan melatih diri, banyak membaca dengan kondisi saat ini, kita mau sekolah dimana saja, selama punya kemauan, maka ilmu hari ini sangat inklusif, berbeda dengan dulu semuanya tergantung kepada guru dan buku yang harganya sangat mahal sehingga pada jaman dulu sulit untuk menikmati ilmu ilmu yang seharusnya kami ketahui, tetapi dengan berubahnya jaman yakni sekarang dengan menggunakan Handphone maka harapan saya adalah adik adik harus bisa menggunakan tehnologi dengan baik. Tantangan kita kedepan adalah  jangan tergantung apapun di handphone. 



Pada kesempatan ini pula Gubernur VBL mendorong para dosen untuk melakukan riset riset untuk kepentingan masyarakat,  untuk mengejar ketertinggalan Nusa Tenggara Timur dengan membangun Sumber Daya Manusia.


"Dosen dan Mahasiswa  bersama Pemerintah harus bisa inovatif dan kerja sama untuk mengelola potensi daerah." Tutupnya.