Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

banner caleg

Tag Terpopuler

Ketua Dekranasda NTT: Pentingnya Pemberdayaan Perempuan dan UMKM di Lembaga Pendidikan

Senin, 12 Juni 2023 | Juni 12, 2023 WIB Last Updated 2023-06-12T09:18:09Z


NEWSDARING-KUPANG - Anggota DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat menekankan pentingnya pemberdayaan perempuan dan pengembangan UMKM, khususnya lingkungan lembaga pendidikan. 


Hal tersebut dikemukakan Julie Sutrisno yang juga Ketua Dekranasda NTT ketika didaulat memberikan Kuliah Umum yang digelar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kristen (FKIPK), Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang, Kamis (8/6/2023), belum lama ini. 


Kuliah umum yang digelar di aula Pascasarjana IAKN Kupang ini dihadiri sekitar 300-an mahasiswa dan dosen. Kehadiran Julie Sutrisno Laiskodat diterima langsung oleh Rektor IAKN Kupang Dr. Harun Y. Natonis, M.Si. 


Kehadiran Julie Sutrisno Laiskodat di IAKN Kupang awalnya diinisiasi oleh salah seorang pengajar Dr. Lanny Isabela Dwisyahri Koroh, M.Hum, yang mengundangnya untuk memberi kuliah untuk mata kuliah Pendidikan dan Pemberdayaan Perempuan. 


"Niat tersebut ditanggapi serius oleh Dekan FKIPK IAKN Kupang," ujar Dr. Lanny Isabela Dwisyahri Koroh, M.Hum., Senin (12/6/2023) siang, melalui pesan WhatsApp. 


Menurut Lanny Koroh, sapaan akrabnya, Julie Sutrisno Laiskodat banyak mengutarakan ide serta pikiran-pikirannya terkait peluang dan tantangan dalam dunia pendidikan saat ini, termasuk proses pemberdayaan perempuan lewat berbagai gerakan termasuk UMKM. 


Tak hanya memberikan Kuliah Umum, lanjut Lanny Koroh, Julie Sutrisno  Laiskodat juga mengundang pimpinan FKIPK IAKN Kupang dan jajaran untuk berdiskusi di Kantor Dekranasda NTT, Minggu (11/6/2023). 


"Bersama para dosen IAKN Kupang di dekranasda adalah diskusi bersama ibu Julie tentang pendidikan saat ini," jelas Lanny Koroh. 


Menurut dia, pada kesempatan itu Julie Sutrisno Laiskodat menudukung penuh beberapa program studi (prodi) yang ada di IAKN Kupang, termasuk yang memiliki mata kuliah Tenun Ikat, berupa sejumlah bantuan untuk sebagai bentuk stimulan. 


"Ibu Juie bersedia membantu alat tenun juga benang, selain itu banyak  hal yang didiskusikan tentang pertanian, kebetulan di Iakn kupang terdapat prodi Misiologi yang memiliki kebun tani untuk lahan praktek mahasiswa," jelas Lanny Koroh. 


"Menurut Ibu Julie, pemerintah saat ini membutuhkan dukungan dari para akademisi, oleh karena itu kolaborasi ini penting untuk kemajuan pendidikan, saat ini dan kedepan," tambahnya. 


Lanny Koroh berharap, sebagai sosok Ibu dan tokoh perempuan NTT, Julie Sutrisno Laoskodat terus memberikan dukungan terhadap dunia pendidikan di NTT, khususnya bagi anak-anak NTT demi kemajuan dan kesejahteraan NTT. 


"Semoga Ibu Julie juga bisa terus hadir di NTT, bahkan bisa menjadi orang nomor 1 di NTT," pungkas Lanny Koroh. (*)