Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

banner caleg

Tag Terpopuler

Pentingnya Pemahaman Warga Binaan Lapas Perempuan Kupang Terhadap Kesehatan Reproduksi

Kamis, 21 Desember 2023 | Desember 21, 2023 WIB Last Updated 2023-12-21T16:01:40Z


NEWSDARING-Kupang, Kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengabmas) yang dilaksanakan di Lapas Perempuan Kelas II B Kupang oleh Dosen Jurusan Kebidanan Poltekkes Kementerian Kesehatan Kupang  yang di pimpin oleh Maria Florentina Nining Kosad, SST. M. Kes dengan mengangkat tema  "Berdaya Bersama untuk Sehat Reproduksi  bagi Warga Binaan Lapas Perempuan Kupang".


Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Warga Binaan (WB) terkait pentingnya menjaga kesehatan reproduksi  yang belum dipahami secara baik, maka didapatkan 6 Poin Kebutuhan


"Hal pertama yang perlu diketahui oleh WB terkait kebersihan pada alat reproduksi saat haid, Premenstrual Syndrome (PMS), Infeksi pada saluran reproduksi, Perdarahan yang tidak normal dan Menopause". Ungkap Nining. 




Menurut Nining, kegiatan Pengabdian Masyarakat terdiri dari 4 bagian, dan baru terlaksana dua kegiatan, sedangkan sisanya akan dilaksanakan pada tahun  2024.


"Ada 4 kegiatan, pertama kita melakukan survei dengan membagi kuesioner untuk mengetahui pengetahuan warga binaan tentang kesehatan reproduksi. Kedua, diskusi untuk mengetahui masalah dan kebutuhan tentang kesehatan reproduksi di dalam lapas" ujarnya. 


Kegiatan tersebut di buka oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II B Kupang, Dewi Adriyani, SH.,MH. Diikuti oleh 65 WB.


Kegiatan Pengabmas yang Diketuai Maria Florentina Nining Kosad, SST. M.Kes, Martina Frenanzia Diaz, SST., M. Kes (Anggota), Barbara S Bere Mau, SST (Anggota), Marselina Florensia Kewa (Mahasiswa), Epivania T. Putri Bayo (Mahasiswa), Agatha Dona (Mahasiswa). KL.