Masuk

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Mengapa Sikka Butuh Duet Pengusaha dan Birokrat?

Kamis, 25 April 2024 | April 25, 2024 WIB Last Updated 2024-04-25T06:51:12Z

 

Marianus Gaharpung, dosen FH Ubaya Surabaya

Opini 

Judul ini perlu diwartakan dan harus diwujudkan dalam tata kelola administrasi dan pembangunan Pemkab Sikka 2024- 2029.  Ada beberapa alasan Nian Tana Sikka sudah lumrah dipimpin birokrat politisi atau sebaliknya duet politisi birokrat silih berganti.


Kedua, Warga  Nian  Tana Sikka ingin gebrakan  baru  duet pengusaha dan birokrat. Ketiga, model tata kelola pemerintahan lebih pada pendekatan pertisipatif.


Dalam arti keputusan pejabat di dalam merumuskan kebijakan dan tindakan yang akan dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan rill rakyat. 


Keempat, pola kerja sangat terbuka dengan menerima keluhan tidak saja melalui surat tetapi pakai media elektronik (HP, WA, SMS dll) asalkan identitas, problem serta lokasinya dimana).

 Paket SARR ini Senin 22 April resmi mendaftarkan diri di Partai Demokrat dan Perindo Sikka.  Selasa, 22 April Paket SARR juga sudah melakukan pendaftaran di Partai Garuda Sikka dan harapan dalam waktu dekat daftar juga di Nasdem. 


Dari bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati yang datang mendaftarkan ke partai baru paket SARR yang secara resmi memplokamirkan diri  siap maju Pilkada Sikka 2024. Suitbertus Amandus sudah menegaskan tidak akan berpindah ke lain hati demikian pula Robertus Ray hanya untuk  Suitbertus Amandus.


Paket SARR sudah berdiskusi panjang bagaimana melakukan pembangunan Nian Tana Sikka berkaitan semua potensi dan kendala riil yang ada di depan mata.  Aspek pelayanan pemerintahan yang sangat kaku tidak reaponsif dan terbuka. Sebagian pendapatan masyarakat masih mengandalkan gaji sebagai ASN.  Suporting ekonomi daerah dari sektor swasta sangat minim tergambar dari minimnya aspek penanaman modal, aspek kemiskinan terus menjadi hantu warga Nian Tana Sikka karena pola kerja pemerintah hanya sifatnya rutinitas pelayanan tidak lebih dari itu. Terlihat dari usaha swasta tidak pernah ada.


Semua sumber daya alam yang dimiliki daerah ini hanya sebatas disebut dan dibangga- banggakan saja tanpa memberikan dampak peningkatan ekonomi riil daerah dan warga Nian Tana Sikka. Atas dasar hal- hal demikian melalui diskusi panjang dan mendalam antara Suitbertus Amandus dan Robert Ray, maka keduanya bersepakat Sikka akan bangkit dari keterpurukan ekonomi hanya dengan merubah pola kerja orientasi dan terutama  dengan menggarap mengoptimalisasi potensi- potensi sumber daya alam yang segera dapat memberikan dampak positif peningkatan ekonimi rakyat.


Oleh karena itu, Suitbertus Amandus dan Robert Ray dikenal dengan paket SARR sadar bener jika terpilih untuk membawa dan memimpin Nian Tana Sikka 2024 -2029, maka seluruh energi ASN dan warganya harus bersinergi dengan

seluruh energi pembangunan Indonesia yang  termanifestasi dalam Undang Undang Cipta Kerja.


Itu artinya, arus perubahan orientasi pembangunan di daerah harus seirama dengan pemerintah pusat.  Semua kinerja ASN Pemkab Sikka lebih terbuka, responsif adaptif dengan potensi pertanian, perkebunan, peternakan, parawisata serta peningkatan UKM.


Untuk itu, visi misi paket SARR wajib orientasi kepada kemudahan berusaha, reformasi birokrasi administrasi pemerintahan, dan pro pembangunan yang sesuai kebutuhan warga Nian Tana Sikka.


Oleh karena itu, duet  Suitbertus Amandus yang makan garam dalam dunia pengusaha sangat pas dengan Robertus Ray,  birokrat yang memiliki jam terbang tinggi dalam tata kelola administrasi pemerintahan. Ibarat perpaduan "sayur dan garam"  tersajikan dengan aroma yang sedap untuk disantap. 

Untuk itu paket SARR sudah pasti dalam program kerjanya. Pertama, lebih berorientasi bagi kesejahteraan warga Nian Tana Sikka. 


Kedua, harus meningkatkan PAD dengan optimalisasi potensi sumber daya alam. Ketiga, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi. 


Keempat, harus mampu menggerakkan sektor riil yang selama ini 

tidak jelas.  


Kelima, harus mampu memberikan efek domino bagi pajak dan penciptaan lapangan kerja.


Keenam, membenahi regulasi terutama perizinan  yang berbelit-belit terkait UKM.


Ketujuh, mendorong mendampingi memotivasi UKM untuk berkembang bukan menghentikan dan mematikan UKM. 


Kedelapan, perusahaan daerah yang selama ini mati suri segera dibenahi dibuat kerjasama production sharing dengan penanam modal.


Kesembilan, pelayanan administrasi pemerintahan dan pembangunan cenderung kaku dan koruptif oleh oknum oknum ASN wajib dibasmi.


Paket SARR sangat siap menahkodai Nian Tana Sikka menuju Sikka Bangkit dari keterpurukan kemiskinan jika warga Nian Tana Sikka merestui dengan memilih paket ini pada Pilkada Sikka, Rabu, 27 November 2024.