Masuk

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Mengenal Lebih Jauh Sosok George Melkianus Hadjoh

Sabtu, 13 April 2024 | April 13, 2024 WIB Last Updated 2024-04-13T08:26:55Z


Newsdaring-Kupang-Bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur umumnya dan masyarakat Kota Kupang khususnya, pastinya mengenal sosok yang satu ini. Sosok dengan pembawaan yang low profile dan bersahaja ini dikenal tegas dan lugas dalam pergaulan dengan siapa saja.


Dia adalah George Melkianus Hadjoh, pelatih olahraga bela diri shorinji Kempo yang telah puluhan tahun mendedikasikan dirinya untuk cabang olah raga bela diri Kempo. Dibawah asuhan Sensei Barnabas Djurumana (alm) dan dibina oleh Esthon Foenay, saat ini George melatih dan membina atlet olahraga bela diri Kempo di Nusa Tengara Timur.


Pemegang Sabuk Hitam 5-Dan ini sebenarnya sudah ujian ke 6-Dan namun masih ada kewajiban Internasional Study Session yang harus digenapi sehingga belum dikukuhkan. Namun demikian itu bukanlah menjadi halangan karena pada tahun 2023 Sensei George dianugerahi sebagai Pelatih Teladan Tingkat Nasional karena mampu pertahankan prestasi Shorinji Kempo NTT selama 27 Tahun.


Prestasi gemilang yang diraih tersebut bukan dengan mudah Sensei George dapati tetapi dengan darah dan keringat serta membutuhkan waktu yang lama, yakni sejak tahun 1982 dia memulai berlatih shorinji kempo, sehingga kurang lebih sudah 42 tahun berlatih tanpa berhenti.


Berkat tempaan Senpai Bernabas dan Esthon Foenay selama 30 tahun yang terus dilakukan secara konsisten, sehingga oleh Esthon Foenay diperintahkannya untuk melanjutkan kepemimpinan Shorinji Kempo NTT. Dalam kepemimpinan Sensei George, dirinya selalu mengandalkan Tuhan dengan terus berdoa, bekerja keras dan pantang menyerah sehingga membawa Shorinji Kempo NTT  berjaya dan meraih prestasi yang sangat gemilang.


Tercatat selama Enam kali PON, cabang olah raga Kempo berhasil meraih medali emas terbanyak untuk Provinsi NTT, Dua kali menjadi Juara Umum II di Kejuaraan Dunia tahun 2017 di San Fransisco, Amerika Serikat dan tahun 2023 di Tokyo Jepang, serta banyak lagi prestasi Nasional yang diraih sehingga menjadikan Shorinji Kempo NTT sebagai yang terbesar di Indonesia dengan jumlah kenshi sesuai SIM PERKEMI sebanyak 20.000 kenshi. Selain itu Prestasi Kempo NTT di kompetisi juga menjadi terbaik bersama Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Jawa Barat dan provinsi lainnya.


Harus diakui bahwa dibawah asuhan dan bimbingan sensei George, atlet Kempo Nusa Tenggara Timur telah banyak mengukir prestasi yang sangat luar biasa. Sebut saja even Pekan Olahraga Nasional (PON), Sea Games, Asian Games,  pertandingan atau kejuaraan-kejuaraan lainnya ditingkat Nasional bahkan dunia, atlet Kempo NTT selalu tampil memukau dan pastinya selalu berhasil meraih medali emas, perak dan perunggu termasuk sering menyabet juara umum.


Dengan keberhasilannya membawa Kempo NTT membuat presetasi George semakin bersinar. Berbagai piagam penghargaan ia dapati, seperti Piagam Penghargaan Unwira Cup I oleh Rektor Unwira (1990), Piagam Penghargaan Atlet Kempo dari PB Perkemi (1993), Piagam Penghargaan Atlet Kempo oleh Gubernur NTT (1993), Piagam Penghargaan Atlet Kempo PB Perkemi (1995), Piagam Penghargaan Atlet Kempo dari PB PON XIV (1996), Piagam Penghargaan Atlet Kempo oleh PB PON XV 10 (2000), Piagam Penghargaan Atlet Kempo PB PON XVI (2004).


Keberhasilan George tidak hanya sebatas pada Olah Raga bela diri Kempo, dibidang pemerintahan, George juga mendapatkan berbagai piagam penghargaan dari Pemerintah atas dedikasinya sebagai ASN. Sebut saja Satyalancana Karya Satya X Tahun 2001 oleh Presiden Republik Indonesia, Satyalancana Karya Satya XX Tahun 2007 oleh Presiden Republik Indonesia dan Satyalancana Karya Satya XXX Tahun 2016 Presiden Republik Indonesia.


Selain penghargaan yang diraih, George juga dipercaya untuk mengemban berbagai jabatan dipemerintahan yang dimulai dari Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Umum pada Kantor Bappeda Provinsi NTT (2008-2012), Kepala Sub Bagian Program Data dan Evaluasi (PDE) pada Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi NTT (2013-2016), Kepala UPT Sarana Prasarana Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi NTT (2018), Kepala Bagian Tata Usaha Keuangan Biro Umum Setda Provinsi NTT (2019), dan tahun 2020 menjabat Kepala Biro Umum Setda Provinsi NTT dan pada tahun 2021 George juga merangkap sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT.


Atas dedikasi dan kedisiplinannya sebagai ASN, suami dari Yohana Hermanus dipercaya oleh Pemerintah Pusat sebagai Penjabat Walikota Kupang masa bhakti 2022-2024.


Selama menjabat sebagai Penjabat Walikota Kupang, George bisa dibilang berhasil membawa Kota Kupang kearah yang lebih baik karena berhasil menurunkan inflasi dari 8,7 persen menjadi 3 persen sehingga pemerintah Kota Kupang mendapat penghargaan dari Presiden RI.


Selain itu, selama menjabat sebagai Penjabat Walikota Kupang, George Hadjoh bersama masyarakat dan seluruh ASN dilingkup Pemerintah Kota Kupang bersama-sama berjibaku memerangi sampah dengan satu tujuan menjadikan Kota Kupang bersih.


Alhasil, saat momentum Pesparani Nasional dan pertemuan Kaum Bapak Nasional yang diselenggarakan di Kota Kupang, peserta Pesparani mendapat kesan baik karena Kota Kupang dinilai sebagai Kota yang bersih dan masyarakat yang luar biasa.


Selain itu juga, selama menjadi Penjabat Walikota, George Hadjoh juga tidak segan-segan membuka Rumah Jabatan Walikota sebagai tempat pengaduan masyarakat sehingga disitulah terangkai komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah.


Profil singkat

Nama : George Melkianus Hadjoh, SH 

Tempat/Lahir : Kupang, 28 Mei 1965 

Agama: Kristen Protestan 

Nama Istri : Yohana A. Hermanus

Anak :

- Imanuel ES Hadjoh

- Evita KP Hadjoh

- Evan M Hadjoh


Orangtua :

- Ayah : Soleman Hadjoh (alm)

- Ibu : Victoria Hadjoh (alm)


Pendidikan :

- SD di Kupang (Tamat 1977)

- SMP di Surabaya (Tamat 1982)

- SMA di Surabaya (Tamat 1985)

- S1 Hukum Universitas Kristen Artha Wacana Kupang (Wisuda 2021)