Masuk

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Ukraina Bantah Penghancuran HIMARS Buatan US Oleh Rusia

Jumat, 22 Juli 2022 | Juli 22, 2022 WIB Last Updated 2022-07-22T15:04:25Z


N
EWSDARING-Ukraina bantah penghancuran empat sistem roket artileri mobilitas tinggi yang di pasok oleh Amerika Serikat oleh Rusia. Informasi ini di klaim oleh Kementerian pertahanan Rusia.


Antara 5-20 Juli, "empat peluncur dan satu kendaraan reload untuk sistem roket peluncuran ganda (HIMARS) buatan AS hancur," katanya dalam briefing harian.


Kyiv menolak klaim Moskow, dengan menyebutnya bohong yang bertujuan untuk melemahkan dukungan Barat untuk Ukraina.


Kyiv juga memuji kedatangan delapan HIMARS di Ukraina sebagai sebuah kemungkinan perubahan jalannya perang, yang akan memasuki bulan keenam.


Senjata canggih lebih tepat dan menawarkan jangkauan yang lebih jauh daripada sistem artileri lainnya, memungkinkan Kyiv untuk menyerang target Rusia dan gudang senjata lebih jauh di belakang garis depan.


Moskow menuduh Barat menyeret keluar konflik dengan memasok Kyiv dengan lebih banyak senjata, dan mengatakan pasokan senjata jarak jauh membenarkan upaya Rusia untuk memperluas kendali atas lebih banyak wilayah Ukraina, di luar wilayah Donbas timur, untuk perlindungannya sendiri.


Pada 6/07, hanya beberapa hari setelah HIMARS pertama tiba di Ukraina, kementerian pertahanan Rusia mengatakan telah menghancurkan dua di antaranya, merilis video dugaan serangan itu.


Serhiy Leshchenko, seorang penasihat kepala staf Presiden Volodymyr Zelenskiy, mengatakan pada hari Jumat bahwa Ukraina terus menggunakan HIMARS untuk "menyebabkan banyak kerugian bagi negara agresor."


Ukraina membantah klaim Rusia dan mengatakan pihaknya menggunakan senjata yang dipasok AS untuk menyerang kembali pasukan Rusia dengan sasaran yang lebih menghancurkan.